GLOBAL WARMING Mengancam Dunia!

>>> Apa itu “GLOBAL WARMING” ??? <<<

Setiap hari kita merasa bumi ini semakin memanas. Fenomena ini banyak dirasakan semua orang di belahan bumi ini. Hari inipun di kota asal saya yang terpencil tiap siang hari, matahari terasa menyengat sekali. Begitu juga tempat saya berkuliah di Surabaya. Anda tahu bahwa Surabaya kota metropolitan yang padat penduduk dan dekat dengan laut. Mungkin ini juga penyebab semakin panasnya di daerah Surabaya. Begitu juga fenomena-fenomena di daerah lain.
Selain memanasnya bumi ini, juga banyak sekali terjadi bencana-bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi. Misal yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini seperti banjir, angina putting beliung, semburan gas yang banyak bermunculan, curah hujan yang tidak menentu tiap tahun, tanah longsor, gempa bumi, gelombang pasang yang besar dan lain sebagainya. Tahukah Anda apakah arti dari semua ini??? Kalau menurut saya, semua pertanda buruk ini menunjukkan bahwa planet kita tercinta ini sedang mengalami proses kehancuran sedikit demi sedikit. Kita sedang diuji oleh Tuhan seberapa besar kepeduliaan kita terhadap alam sekitar dan seberapa besar kesadaran kita untuk menjaga kelestarian lingkungan kita. Semua hal ini berkaitan dengan berita-berita yang kali ini makin marak dibicarakan oleh masyarakat dunia. Mereka menyebut isu global ini dengan istilah Global Warming (Pemanasan Global).
Apa yang disebut global warming atau pemanasan global itu ? Global warming adalah peristiwa meningkatnya suhu di permukaan bumi ini. Mengapa semua ini bisa terjadi ?

Sebab-Sebab Terjadinya Pemanasan Global

Menurut para peneliti terkemuka di dunia selama bertahun-tahun penyebab peningkatan suhu di bumi kita ini adalah timbulnya efek dari gas-gas rumah kaca akibat aktifitas manusia di muka bumi ini. Dalam pengawasan terjadinya pemanasan global ini PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) membentuk kelompok peneliti yang disebut dengan International Panel on Climate Change (IPCC). Tugas IPCC disini adalah melakukan pengawasan dan penelitian rutin bersama para penile terkemuka di dunia dalan perkembangan dampak pemanasan global dan aktifitasnya tiap tahun.
Gas-gas rumah kaca ini banyak ditimbulkan dari kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, pembakaran bahan fosil, peternakanm serta pembangkit listrik, kebakaran hutan dan lain sebagainya.

Apa itu Gas Rumah Kaca (Green House Effect) ?

Menurut informasi yang say abaca dari kumpulan artikel-artikel yang saya temukan dan saya ringkas jadi satu, gas rumah kaca terdapat di sekitar atmosfer bumi. Di atmosfer bumi kita terdiri dari bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Disini gas rumah kaca menjaga suhu permukaan bumi ini tetap hangat sehingga dikenal dengan gas rumah kaca. Disebut gas rumah kaca juga karena system kerjanya mirip dengan rumah kaca yang fungsinya menahan panas matahari di dalam rumah kaca agar tetap hangat sehingga tanaman yang berada didalamnya dapat tumbuh dengan baik.
Sehingga planet kita membutuhkan gas-gas tersebut untuk menjaga kehidupan yang berlangsung di bumi kita ini. Tanpa adanya gas rumah kaca ini bumi kita akan terasa sangat dingin sehingga tidak adanya kehidupan di bumi seperti yang terjadi di planet mars yang memiliki lapisan atmosfer tipis dengan suhu -32o Celcius. Inginkah Anda merasakan semua ini ? Tentu tidak bukan ?
Penyebab utama terbesar pemanasan global saat ini adalah Karbon Dioksida (CO2), metana (CH4) yang dihasilkan dari bidang agrikultur dan peternakan. Untuk CH4 banyak terdapat dari kotoran-kotaran hewan ternak, metabolisme bakteri dalam usus, sawah tergenang air. Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, Chloro Fluor Carbons (CFC) yang digunakan sebagai pendingin ruangan dan refrigerator. Risaknya hutan yang fungsinya sebagai penyimpan CO2 sehingga makin memburuknya kondisi saat ini. Karena pohon-pohon itu akan melepaskan CO2 yang tersimpan dalam pohon tersebut dan gas itu akan menuju ke atmosfer.
Efek yang ditimbulkan oleh metana lebih parah dari pada karbon dioksida. Gas metana menghasilkan efek pemanasan 23 kali dari molekul karbon dioksida. Bahkan molekul NO lebih hebat lagi. NO menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul Karbon Dioksida. Sedang CFC menhasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari karbon dioksida. Sekarang pemakaian CFC telah dilarang di banyak Negara karena dampak buruknya telah merusak lapisan ozon bumi kita.

Bagaimana menurut Anda mengenai Global Warming ini dan tindakan apa yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir keadaan yang sedang terjadi ini ?

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Global_Warming
http://www.msnbc.msn.com/id/6662932
http://science.nationalgeogarphic.com/science/environtment/global-warming/gw-causes.html?nav=FEATURES

Ehemm, gimane? Global warming mengerikan juga yah?? Semoga ini ga tambah parah yah.. untuk itu kita butuh solusi nih.. posting komentarmu mengenai solusi apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi global warming ini… sip, aku tunggu…
images

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: